Gebyar Aksara untuk Tingkatkan Minat Baca


KEPANJEN – Halaman sekretariat pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) Aksara Cendekia Kepanjen dipenuhi warga Kepanjen, Sabtu (21/12) lalu. Ragam kegiatan digelar selama sehari itu dan diikuti peserta dari berbagai usia. Diantaranya, lomba-lomba kepustakaan dan game edukatif.
Kegiatan yang digelar PKBM Aksara Cendekia ini bertema Gebyar Aksara 2013. Agar menarik, pihak panitia gebyar mengemas acara dengan menambahkan berbagai kegiatan. Seperti mengajak peserta bermain sulap dan memberi hiburan permainan musik biola dan nonton bareng.
Ketua PKBM Aksara Cendekia Diah Nur Robbaniah mengatakan, even Gebyar Aksara yang digelar ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca masyarakat Kepanjen. Apalagi, PKBM juga memiliki taman baca ‘Sanggar Wacana’ yang menyediakan berbagai koleksi bacaan untuk menambah wawasan pengetahuan dan keterampilan warga.
“Warga sekitar memang harus diberdayakan. Salah satunya dengan banyak diberi wawasan dan bahan keterampilan. Gebyar Aksara ini sengaja untuk meramaikan kegiatan peningkatan minat baca juga,” demikian Diah Nur di sela-sela acara gebyar.
Dalam lomba kepustakaan yang digelar Taman Baca Sanggar Wacana ini, kata ia, yang dilombakan adalah merangkum dan menceritakan kembali bacaan yang dibaca. Dengan waktu tidak kurang dari satu jam, puluhan peserta yang didominasi siswa SD-SMP ini diharuskan membaca buku cerita. Mereka bebas memilih buku-buku cerita yang tersedia di TBM milik PKBM Aksara Cendekia. Selain mendapatkan hadia alat belajar, peserta terbaik juga mendapatkan hadiah uang.
Bagi orang dewasa yang mengantarkan anak-anaknya mengikuti lomba, mereka juga bebas membaca dan meminjam buku-buku koleksi seperti buku kesehatan, kuliner, dan keterampilan. Agar tidak jenuh, sebelum lomba juga digelar pemeriksaan dan pengobatan gratis bagi warga masyarakat dewasa. Kegiatan ini bekerja sama dengan Stikes Kepanjen yang kebetulan menjadikan PKBM sebagai mitra sasaran pengabdian masyarakat hingga beberapa tahun mendatang. min-KP

Posting Komentar