Resensi : Laki-laki Pemanggul Goni

Laki-Laki Pemanggul Goni

Cerpen Pilihan Kompas 2012

Penerbit Buku Kompas, Juni 2013 
 Perancang ilustrasi : Amrizal Salayan
 Perancang sampul : Wiko Haripahargio
 Jumlah halaman : xvi + 268 halaman
 ISBN : 978-979-709-724-0
Novel "Laki-Laki Pemanggul Goni Cerpen Pilihan Kompas 2012" bisa anda dapatklan di TBM SANGGAR WACANA



Laki-Laki Pemanggul Goni yang menjadi judul buku ini sendiri adalah cerpen dari Budi Darma. Mengapa cerpen ini yang menjadi judul? Karena setelah tahap seleksi yang panjang, juri memutuskan cerpen ini menjadi karya utama karena memenuhi sejumlah syarat pokok sebagai cerita pendek yang sangat baik.
Yang paling menarik adalah kritik yang diberikan oleh Maman S Mahayana di bagian epilog. Jumlahnya kira-kira 65 halaman penuh berisi kritik dan penjelasan untuk cerpen-cerpen yang ada dalam buku ini. Maman S Mahayana sangat kritis dalam memberikan kritik. Pedas memang, mungkin akan membuat panas untuk penulisnya. Tetapi semua kritik yang diberikan ada dasarnya. Sehingga pastilah dapat dijadikan pembelajaran untuk penulisnya dan juga untuk pembaca seperti saya. 65 halaman tidak terasa membosankan. Karena saya justru merasa bagian inilah yang paling seru.

Tanpa bagian epilog ini, mungkin saya hanya terkagum-kagum pada cerpen-cerpen yang ditulis dengan mengambil makna menurut saya sendiri. Bagian ini benar-benar memberikan saya pemahaman lebih dan menunjukkan kesalahan-kesalahan yang dilakukan penulisnya. Intinya, saya belajar banyak!

4 bintang dari 5 bintang untuk buku ini. Cocok untuk kalian yang sedang menggeluti penulisan cerpen atau senang menuliskan review. Dan untuk pembaca umum, sangat banyak problem sosial-budaya Indonesia yang dapat memberikan kita pelajaran dan pengetahuan.

Posting Komentar