Resensi : Piknik Seru (Seri Lala Koki Cilik)


Judul: Piknik Seru (Seri Lala Koki Cilik)
Penulis: Anita Hairunnisa
Ilustrator: Nur Cililia
Ukuran: 26 x 21 cm
Tebal: 24 halaman
Penerbit: Little Serambi, Jakarta 2009
Nadya, Allan, dan Lala sejak kemarin sudah berencana akan piknik di taman kota. Mereka sudah tak sabar untuk berpiknik! Tentu saja, untuk piknik mereka akan membawa bekal. Apa yang akan dibawa oleh mereka?
Nadya sudah berencana akan membawa puding cokelat. Allan akan membawa mi goreng dengan bakso. Dua makanan itu adalah makanan kesukaan Lala. Lalu apa yang akan dibawa Lala? Lala bingung. Untunglah di jalan Lala bertemu dengan Clara, kakak kelasnya. Bekal yang dibawa Clara siang itu memberi ide kepada Lala. Apa ya makanan yang dibawa Clara? Apakah makanan yang dibawa Lala akan disukai oleh teman-temannya saat mereka berpiknik?
Ini adalah buku dwi bahasa: Bahasa Indonesia-Bahasa Inggris. Cerita sederhana. Begitu pula kata-kata bahasa Indonesia dan bahasa Inggris yang dipakai dalam cerita ini. Ini khas buku dwi bahasa tulisan orang Indonesia. Saya tidak tahu ini kelebihan atau kekurangannya. Tetapi jika saya bandingkan buku dwi bahasa ini dengan buku dwi bahasa yang ditulis oleh orang asing (yang memang bahasa Inggris merupakan bahasa utama mereka), bahasa Inggris dalam buku ini jauh lebih sederhana. Hampir tak ada kata yang sulit. Jika dilihat dari sisi positifnya, buku ini cocok dipakai oleh anak-anak untuk belajar bahasa Inggris.
Ilustrasi dalam buku ini cukup bagus. Gambarnya mengambil porsi besar di setiap halaman.

Posting Komentar